Return Tertinggi Reksadana Januari - Agustus 2014

Return Tertinggi Reksadana Januari - Agustus 2014

Dalam dunia investasi (juga reksadana) dikenal adagium high risk high return yakni makin tinggi potensi return dari suatu tipe Reksa Dana, makin tinggi juga tingkat risikonya. Konsep ini akan merujuk pada investasi reksadana saham yang mempunyai risiko pada harga saham yang sangat fluktuatif.

Data dari infovesta selama periode Januari 2014 sampai dengan 24 Austus 2014 bila dibandingkan pada akhir tahun 2013, menunjukkan reksadana saham sebagai penghasil return tertinggi dibandingkan dengan reksadana pendapatan tetap dan reksadana campuran.

Rata-rata return Top 10 reksa dana saham mencapai 33,5 jauh diatas rata-rata reksa dana pendapatan 8,05 dan masih di atas reksadana campuran dengan return 24,56. Sebagai perbandingan lain retur indeks harga saham gabungan sendiri pada periode yang sama sebesar 20,18.

Pemilihan manajer investasi yang tepat akan berpengaruh terhadap tingkat pengembalian reksadana. Manajer investasi harus mempunyai strategi pemilihan saham dan rotasi sektor yang tepat agar investasi reksadana bisa memenuhi return yang optimal.

Meskipun return suatu investasi tahun ini tidak selalu sama dengan return pada masa mendatang, namun setidaknya data historis suatu produk reksa dana tetap menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan. Berikut daftar retur tertingggi reksa dana yang dikutip dari Majalah Investor edisi Oktober 2014.




0 Response to "Return Tertinggi Reksadana Januari - Agustus 2014"

Posting Komentar